Home » , » Beberapa Kesamaan Manusia Modern Dengan Manusia Purba

Beberapa Kesamaan Manusia Modern Dengan Manusia Purba


Pernah ngak mikirin tentang kesamaan kita ( manusia ) sekarang ini dengan manusia zaman purba dulu ? Yub, Kali ini saya akan membagikan beberapa kesamaan manusia purba dengan manusia sekarang.

Dalam kehidupan sehari-hari, ternyata kita, manusia modern, memiliki sangat banyak kesamaan dengan nenek moyang kita.
Melalui beberapa penelitian, kita dapat mengetahui peradaban manusia zaman dahulu dan kita dapat membandingkan nya dengan sekarang.

1. Bedah Otak


Otak merupakan organ yang sangat penting dan di butuhkan spesialist untuk melakukan pembedahan terhadap organ tersebut.

Namun, Pada manusia peradaban kuno. Pembedahan otak telah di lakukan. Menurut para ilmuan sejarah. Beberapa pasien telah bertahan ber tahun-tahun setelah otak mereka di bedah. Ini terbukti dari adanya pertumbuhan kembali jaringan otak di sekitar batok kepala yang dioperasi.


Para arkeolog mengklaim bahwa bedah otak ini sudah ada sejak 8.000 tahun Sebelum Masehi.
2. Narkoba


Nenek moyang kita juga menggunakan narkoba loh
Dari penelitian arkeolog di Kepulauan Karibia, terungkap bahwa manusia purba di wilayah itu menggunakan wadah keramik dan tube untuk menghirup bubuk dan asap halusinogen. Caranya sama seperti orang modern mabuk.

Tapi, Mereka menggunakan narkoba untuk kegiatan spiritual. Bukan untuk bersenang-senang seperti sekarang ini.

3. Anjing Peliharaan

Di temukan beberapa fosil tulang belulang dari anjing. Ada beberapa anjing yang memdapatkan makanan mewah bahkan di berikan perhiasan.
Jangan salah sangka bila anda hanya berfikir orang dahulu mengunakan anjing sebagai hewan berburu.

4. Minum Bir

Ternyata, Bir telah di produksi sebelum masehi. Tepatnya 11 Ribu tahun lalu.
Bir di gunakan untuk mempererat komunitas dan beberapa ritual keagamaan.

5. Kesehatan Gigi

Pasta gigi, sikat gigi, Dokter gigi. Semua itu tidak di butuhkan di zaman purba dulu. Karna orang-orang zaman purba menyikat gigi mereka sewaktu kecil. Dan makanan mereka tidak semanis seperti di era modern ini kawan.


6. Perubahan Iklim


Perubahan iklim merupakan topik kontroversial baik di dunia sains dan politik pada manusia modern. Perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia ataupun akibat penyebab alami, membuat kita perlu beradaptasi. Lebih dari 500 perjanjian internasional sudah dibuat untuk mengontrol iklim yang berubah.

Nenek moyang kita tidak punya undang-undang atau perjanjian seperti itu. Tetapi bukan berarti mereka tidak awas terhadap perubahan iklim.

Sebagai bukti, arkeolog menemukan bahwa saat terjadi perubahan iklim, khususnya di Afrika, manusia prasejarah sudah mempersiapkan diri dengan membuat sejumlah perangkat untuk menyelamatkan diri.

7. Makanan


Manusia merupakan spesies omnivora. Meskipun gemar makan daging, tetap saja di butuhkan asupan makanan dari sumber lain agar tetap seimbang

Glynn Isaac, antropolog yang banyak menghabiskan waktu untuk meneliti makanan prasejarah, menemukan bahwa manusia purba juga lebih memilih untuk makan secara seimbang antara daging dan sayur. Ini serupa manusia modern.

Dalam studinya, Isaac dan timnya menemukan bahwa manusia prasejarah telah membuat alat untuk memotong daging dan alat lain untuk memotong kacang-kacangan atau tumbuhan.

8. Kanker


Kita menganggap bahwa kanker merupakan penyakit modern. Pabrik-pabrik yang meracuni sungai dengan limbah, polusi dari asap kendaraan, pesawat terbang, dan uji coba nuklir telah mengotori udara dan meningkatkan paparan radiasi pada tubuh.

Ternyata, kanker bukanlah penyakit yang muncul setelah revolusi industri. Louis Leaky, seorang arkeolog terkemuka, menemukan bahwa manusia purba yang tinggal di wilayah Kenya, memiliki gumpalan yang tak lazim pada rahangnya.

Dari inspeksi yang dilakukan oleh spesialis, ternyata gumpalan tersebut merupakan tumor dan diketahui bahwa manusia purba itu mengidap osteosarcoma, atau semacam kanker tulang.

9. Kosa Kata


Jauhnya jarak antara kita dengan manusia prasejarah membuat kita mengira bahwa ada perbedaan bahasa di antara kita dengan mereka. Banyak dari kita yang mengira bahwa manusia prasejarah berbicara dengan bergumam atau bahasa yang tidak terstruktur dengan baik.

Namun ternyata sekelompok peneliti asal Inggris dan Selandia Baru menemukan bahwa beberapa kata yang kita miliki saat ini udah digunakan sejak era Mesolitikum, sekitar 15 ribu tahun lalu.

Mereka menyebutkan, kata seperti 'hand' atau 'fish' yang memiliki arti sangat serupa dengan arti kata tersebut di masa kini.

10. Alat bantu Sex


Ternyata sudah ada dari dulu nih alat bantu sex. Meskipun semestinya di gunkanan untuk membuat percikan Api.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS